Langsung ke konten utama

SALAH BAHAM

Baham. Sebuah kata dalah tatanan bahasa Sunda yang artinya Mulut. Itu baru menurut sayah, kalo salah..? ya maaf! Cuma dari kecil suka nyimak, apalagi di bulan puasa, Bau Baham, Bau Baham, yang enggak lain maksudnya adalah “Bau Mulut”. Tapi disini Sayah enggak bakalan cerita tentang bau baham/mulut, Sayah mau cerita kalo Baham bisa jadi faktor utama kesalahan dalam berkomunikasi. Cekidot...

Masa SMP, Sayah inget cerita temen namanya Qiwonk (nama samaran) dan guru fisika Mr. Jack (nama samaran juga!). Entah siapa yang salah sih hingga suka jadi obrolan gokil kalo kita lagi kumpul reunian. Jadi gini, Mr. Jack itu merupakan guru Fisika paling Gokil, kalo ngomong cepet banget, Bahamnya ampe belibet kalo lagi nerangin Fisika. Cipratan-cipratan ludah hasil karya Baham beradu lidah jadi pemandangan terbusuk siswa-siswi saat di kelas. Sayah masih inget kata-kata pertama kali beliau ngajar... “Satuan.. apa itu satuan???” dengan kecepatan bicara hampir 120 Km/jam... buat para siswa yang IQ nya mid to low, kalo belajar sama Beliau mereka cuma bisa mangap, keringetan, detak jantung enggak karuan, salah tingkah, pengen pipis, malahan pernah ada yang boker di kelas. Cewek lagi! Wuahahaha.... kalo yang pernah di kelas 2-I dulu pasti tau, nama ceweknya lupa! Parah!

Oke, suatu waktu si Qiwonk ini pernah disuruh sama Mr. Jack nuat beli obat. Ga di kelas ga dimana aja, Mr. Jack kalo ngomong pasti Patas (cepat terbatas). Nah begonya si Qiwonk, dia nganguk-nganguk aja seolah ngerti waktu Mr. Jack ngomong minta beliin obat, padahal ngertinya samar-samar. Hahaha...

Waktu balik dari warung, di ruang pesanggrahan tempat para Guru ngumpul, kebetulan waktu itu istirahat, si Qiwonk dateng dan ngasihin obat yang Mr. Jack minta...

“KOPLOK SIAH!!!”, seisi ruangan kaget. Suasana hening. Waktu berhenti. Semuanya diam. Semua Pandangan hanya tertuju pada si Qiwonk dan Mr. Jack.

Muka Qiwonk Cacat pucat!! Tertunduk, senyum ga berarti, hatinya bergumam “Gue Pengen Bunuh Diri, Sumpahh...!!”

Mr. Jack marah, “Saya bilang tolong beliin PIL KITA, bukan VEGETAA!!! Emangnya saya Bekser apa???!!”

Seisi ruangan Tertawa Ngakak, suasana gaduh, Sayah juga yang lagi nulis ikutan ngakak... Wuahahahahaha.... ga tau deh muka si Qiwonk saat itu! Ancur banget!!

Pasti saat ini kalian lagi praktekin ngomong PIL KITA dengan cepat... sambil mikir iklan VEGETA. Yaa.. ga tau siapa yang salah kalo kayak gini??

Pilkita vs Vegeta

Satu lagi cerita gara-gara Salah Baham...

Harusnya cerita ini ada di postingan sayah yang “STORY OF THE STORE” atau “KEDODOLAN PARA KONSUMEN”, tapi ya enggak penting juga sih, soalnya ceritanya emang SALAH BAHAM banget! Hehe...

Kejadiannya waktu di kassa minimarket waktu Sayah gawe dulu. Toko lagi sepi, kasir lagi ngitung sambil ngerapiin duit yang ada si mesin kassa. Tiba-tiba dateng Ibu-ibu setengah baya, yang (maaf banget) memiliki ketidaksempurnaan pada bibirnya. Jadi kalo ngomong sesuatu mungkin kurang jelas diucapkan. Si Ibu tadi ngedatengi Kasir, si Kasir menyambut dengan senyum...

“Wilujeng wengi Ibu... Mangga Silahkan!!”

“i-ni, ma-‘u be’-i EMAY-ON... N-eng”, si Ibu tadi bicara dengan terbata-bata, si kasir dengan sok tau nya jawab,

“Ohh, Mau yang gimana Ibu? Yang Bakar, Semprot, Cair, atau yang elektrik??”

“Bu-‘an...i-tu.. EMAY-ON... ang di Mi-N’um!”, jawab si ibu sambil geleng-geleng kepala. Bodohnya si Kasir, langsung buruk sangka...

“Asstagfirulloh....Ibu, enggak boleh Ibu, jangan diminum, Ibu mau bunuh diri?? Aduh.. enggak bu!!”

Si Ibu tadi geleng-geleng bilang “tidak” sambil kesulitan ngomong.... “Bu-‘an... Bu-‘an.. EMAY-ON... ang di Mi-N’um!”,

tapi si Kasir keukeuh dengan ke-sok tau-an nyah... “enggak Ibu, enggak boleh!!”

Saking keselnya si Ibu tadi nyelonong masuk, terus ngambil botol minuman ber merk ...

“MIZONE”.

Wuakakakakakakakakakakakaka... Buahahahahahahaaa.... SOMPRET!!

Mizone vs Baygon

Sayah yang lagi beres-beres ngeliat kebodohan mereka, langsung ke belakang, Ngakak sendiri ampe perut sakit.. Enggak tau lagi deh gimana kelanjutannya.. yang pasti... Kacaw banget!!! Ancur...!!

Tuh, Salah Baham bisa jadi Salah Paham. Makanya, teori komunikasi itu emang bener, kalo “efektivitas komunikasi bisa tercapai kalo informasi bisa dimengerti oleh si penyampai informasi kepada si penerima informasi”

So.. Jaga baham kalian, mulai sekarang gosok Gigi dan ngomong yang bener biar semuanya ngerti dan ga Salah Paham.

Keep Your Baham Now!

Kalau ada sumur di ladang

Boleh kita menumpang mandi

Kalau abang suka nyela orang

Jangan lupa di sikat gigi

(SWEET MARTABAK - ADA SUMUR DI LADANG)

Hariemichi Sakuragi ©2011

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JAMU TAK DIUNDANG

haha... judul yang aneh ya???? kaya orangnya.... dah lama ga nulis nih.... gara2 kebentur kerjaan yang mendera setiap saat... (halah lebay).... akhirnya baru kali ini sempet2in... sambil nyari bahan buat ngedekor Toko.... suruh gabungin antara imlek ma valentine... wah jadinya apa ya??? MACAN CINTA kali ya... wkwkwk.... ok fokus ke topik.... ngeliat judul yang aneh mungkin kalian menerka-nerka (kaya lagu lyla yang bernapas tanpamu...)... ga salah nulis nieh....??? hahaha... ga ko! ni ada hubungannya... antara jamu ma tamu... hehe... ga sabar kan??? pengen tau ceritanya??? kebelet kan??? cepet cari MCK sana ntar mencret2 jijik tw ga ada yang lagi baca sambil makan sup kacang ijo... jadi kaya....(iihh...*muntah darah*) x_x .... story begin... jadi gini.... waktu pulang kuliah.... pas panas2nya kota Bandung... tiba2 dapet es em es nieh dari si Gaga ... pengen nebeng ikut pulang.... (jiah... kasian bgt...hehe), mana waktu itu sayah juga kuliah pinjem motor punya si Ua , motor jel...